josuaiwanwahyudi-gay

Daud & Yonatan Pasangan Gay?

Sejak tahun lalu, dunia per’gereja’an mulai dihebohkan oleh legalisasi pernikahan sesama jenis yang dilakukan oleh Amerika, yang kemudian disusul oleh negara-negara lain.

Pendirian gereja terbelah menjadi dua. Sebagian menentang keras pernikahan sesama jenis, namun ada sebagian yang mulai menerima dan menganggapnya sebagai sebuah kultur baru yang harus diakomodasi tanpa dihakimi.

Salah satu alasan yang diajukan oleh (tidak semua) orang-orang Kristen yang menyetujui pernikahan sesama jenis adalah karena diindikasikan ditemukannya gay relationship di dalam Alkitab, dan bukan kebetulan itu disinyalir dilakukan oleh Daud! Dimana, Daud adalah tokoh penting dalam garis keturunan sang Mesias, Yesus.

Yesus disebur-sebut dengan julukan ‘anak Daud’. Bahkan, 2 kitab injil, Matius dan Lukas mengkhususkan diri menulis garis keturunan Yesus untuk membuktikan bahwa Yesus adalah murni dan asli keturunan dari Daud. Lukas menulis dari sisi silsilah Maria, sedangkan Matius menulis dari sisi Yusuf. Kedua “orang tua” Yesus adalah keturunan Daud.

Jika Daud yang begitu penting adalah seorang Gay Lover, atau setidaknya disinyalir Biseksual (karena Daud juga memiliki istri dan anak), maka bukankah itu artinya Tuhan sebenarnya tidak menentang LGBT relationship? Karena kalau Tuhan memang tidak setuju dengan LGBT relationship, Dia tidak akan membuat Yesus lahir melalui seorang gay lovers bukan?

Pertanyaan ini penuh kesalahpahaman.

Pertama, garis keturunan Yesus bukan diisi oleh kesempurnaan. Memang Daud dan Salomo adalah raja terhormat pada masanya, memang Yesus keturunan “ningrat”, tapi ingat, Yesus juga berasal dari Yehuda (orang yang licik dan jahat), Tamar (tercela secara seksual), Rahab (pelacur), dan Betsyeba (yang diperoleh Daud dengan cara licik).

Sebenarnya tidaklah umum untuk menuliskan nama ‘ibu’ di dalam sebuah silsilah, namun Matius membawa-bawa nama wanita (dan semuanya wanita “bermasalah”) dalam silsilah Yesus untuk menunjukkan kepada kita bahwa: satu,  Tuhan bisa memakai siapa saja untuk menjadi alat kemuliaanNya. Dua, Seburuk apapun garis keturunan dan background keluargamu, kemuliaan Tuhan tidak akan dipengaruhi oleh semua itu.

JADI, DAUD BENERAN BISEKSUAL YA?

Tunggu dulu. Penjelasan awal saya adalah untuk meluruskan bahwa garis keturunan Yesus tidaklah selalu harus sempurna dan “agung” semuanya.

Tapi meskipun demikian, apakah Daud seorang biseksual?

2 thoughts on “Daud & Yonatan Pasangan Gay?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *