Antara Mesir & Kanaan: Padang Gurun!

Ketika Tuhan Allah menebus bangsa Israel, Dia sudah menyiapkan tanah Kanaan untuk menjadi perhentian akhir bagi bangsa Israel. Tanah Kanaan digambarkan oleh Alkitab maupun banyak referensi sejarah sebagai tanah yang sangat subur dan melimpah dengan sumber daya alam yang sangat lebih dari cukup untuk hidup tenang.

Namun, yang menarik adalah, Tuhan tidak serta merta menuntun bangsa Israel langsung masuk begitu saja ke tanah Kanaan. Melalui tiang awan dan tiang api, Allah menuntun bangsa Israel melewati padang gurun. Anehnya, kadang-kadang tiang awan dan api itu berhenti dalam waktu yang lama dan bangsa Israel harus menetap di wilayah itu untuk sementara. Logikanya, makin cepat meneruskan perjalanan, akan makin cepat bangsa Israel sampai ke tanah Kanaan bukan?

Apa alasan Tuhan seolah-olah membuat bangsa Israel berlama-lama di padang gurun?

1. PROSES PELATIHAN MENTAL
Ketika bangsa Israel keluar dari Mesir, mentalitas dan pemikiran mereka masih belum siap untuk masuk ke tanah Kanaan. Mengapa? Karena bangsa Israel ini sudah lama sekali hidup dalam perbudakan. Sedangkan untuk masuk tanah Kanaan, mereka harus MENAKLUKKAN! Bangsa Israel tak pernah memiliki mental seorang pejuang. Mereka terbiasa diperintah dan ditindas. Itu sebabnya, padang gurun merupakan tempat mereka melatih ketangguhan mentalitas mereka.

Tuhan Allah sengaja membawa mereka ke padang gurun agar perlahan-lahan gaya hidup di Mesir hilang dan mulai mengenal bagaimana berjalan bersama Allah dan mulai memiliki iman yang lebih kuat kepada Allah.

post13

One thought on “Antara Mesir & Kanaan: Padang Gurun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *