5 Ancaman Mental dari Game OnLine

2. LOSING TIME CONTROL

Inilah salah satu hal berbahaya yang saya jumpai dalam Game Online sistem Daily Playing Maintenance (DPM). Kita kehilangan kontrol atas waktu kita sendiri karena justru si game itulah yang mematok jadwal kapan kita harus online. Contoh, ketika kita mengupgrade Canon dalam COC, diberitahukan 2 jam kemudian Canon akan selesai. Maka, kita cenderung ingin online setelah 2 jam karena harus melanjutkan upgrade berikutnya. Artinya, yang menentukan kapan kamu harus online, bukanlah dirimu sendiri, tetapi si game tersebut.

Bahkan, saya pernah bermain game Haypi Pirates yang memiliki jam-jam tertentu untuk mengambil bonus langka. Misalnya, setiap jam 12 dan jam 6 ada bonus item yang penting yang harus dimiliki, maka tanpa sadar kita dikontrol untuk “harus” online di jam-jam tersebut.

Kendali atas waktu kita diambil alih oleh game.

Padahal, saya berkali-kali menyatakan bahwa waktu=nyawa. Berapa banyak waktu yang kamu miliki adalah sama dengan berapa banyak nyawa yang kamu miliki. Dan nyawa = kehidupan. Ketika kamu membiarkan orang lain memegang kendali atas waktumu, maka sesungguhnya kamu sedang menyerahkan kendali atas nyawa dan hidupmu juga ke tangan orang lain.

Saya malah pernah memiliki teman yang dengan sengaja memasang alarm di jam 3 pagi setiap hari, hanya untuk membangunkan dirinya agar bisa “panen” di akun gamenya, karena setiap jam itu adalah waktu paling tepat untuk melakukan “panen”.

Tanpa sadar, game sanggup memegang kendali atas hidup kita.

post20

3 thoughts on “Sebuah Pertanyaan?

  1. Sangat bagus pembahasan dari artikel ini, menelaah hal-hal yang cenderung diabaikan dan membuat gamer secara tak sadar berperilaku hal-hal yang berujung destruksi terhadap hidupnya di dunia nyata. Terus sharing hal yang bermanfaat ya kak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *