5 Ancaman Mental dari Game OnLine

4. INSTANT REWARD MENTALITY

Salah satu bahaya yang paling mengancam dalam dunia game adalah “susupan” mentalitas instan yang kuat sekali diajarkan dalam game online. Contoh simpel, setiap kali kamu melakukan upgrade, dalam kurun waktu tertentu kamu langsung melihat hasil nyata peningkatan kekuatanmu. Artinya, setiap usaha yang kamu lakukan, langsung terlihat hasilnya.

Makin sering kamu main, kamu bisa memantau sampai sejauh apa perkembanganmu. Ada angka-angka, ada “meteran” yang mengukur kapan upgrading selesai, ada syarat-syarat yang jelas untuk mendapat reward, bonus, karakter spesial, kemampuan khusus, dan naik level. Artinya, semua sistem reward & punishment sudah jelas sekali.

Masalahnya, dalam hidup tidak demikian. Dalam game, kita keluarkan uang 1 juta, jelas kelihatan apa-apa saja hasil dan peningkatannya. Namun, dalam hidup, kadangkala tidak ada formula tetap yang pasti. Akhirnya, ketika kita mengeluarkan uang 1 juta dengan pengharapan mendapat sebuah hasil tertentu, tapi ternyata tidak terlihat hasilnya, kita menjadi kecewa dan terguncang.

Artinya, dalam hidup nyata, seringkali kita tak bisa melihat langsung apa hasil dari usaha kita.

Contohnya, artikel yang saya tulis detik ini, jika dalam dunia game, 1 artikel bisa dihargai dengan 100 experience. Dengan mengumpulkan 1000 experience (10 artikel) saya bisa naik level. Tapi dalam kehidupan, siapa yang bisa tahu ada berapa banyak artikel yang harus saya tulis agar supaya terjadi sebuah “kesukesan”?

Inilah sebabnya kenapa sekarang banyak anak muda yang minta usaha mereka langsung dihargai dengan sesuatu yang kelihatan. Ketika mereka melakukan sesuatu, mereka meminta “instant reward” yang bisa mereka lihat sebagai kompensasi dari apa yang sudah mereka kerjakan dan usahakan. Bukankah mentalitas ini menjadi berbahaya jika menjangkiti 1 generasi?

Padahal, sepanjang saya belajar tentang keberhasilan hidup. Kadangkala, ada proses-proses yang kita lakukan, kita sama sekali tak bisa melihat efek dan dampaknya. Tidak ada intant reward yang ada sama sekali. Tapi bertahun-tahun kemudian, kita baru bisa melihat apa yang kita lakukan dahulu ternyata turut menyumbang keberhasilan hari ini. Reward tidak datang saat itu juga dan tak terlihat saat itu juga.

post16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *