5 Ancaman Mental dari Game OnLine

5. INSTANT FINISH MENTALITY

Mentalitas instan berikutnya adalah godaan untuk menyelesaikan segala sesuatu melalui jalur cepat. Dalam COC, Hayday, Haypi Pirates, Line Let’s Get Rich, dan semua game online apapun, mereka selalu menyediakan semacam “gem” (atau ruby, atau diamond, atau apapun namanya). Gunanya? Jika kamu malas menunggu waktu upgrade, belilah gem dan klik tombol “finish now” maka, TWALA! selesailah sudah upgrademu.

Maka, saya berjumpa dengan sangat banyak orang (baik muda maupun tua) yang dengan cepat menggelontorkan uangnya membeli gem hanya untuk “finish now”.

Dan, jangan kaget, dalam game-game semacam itu. Orang-orang yang tidak membeli gem, yang sabar, mampu menahan diri, setia dengan proses, akan jauh lebih kalah dan cupu. Semua posisi top diisi oleh para pemain yang menggunakan gem habis-habis’an. Dalam hal ini, mereka yang punya banyak uang, bisa “mempercepat” jalan menuju kesuksesan.

Benarkah uang bisa menjadi jalan pintas?

Ya, untuk banyak hal uang bisa mempercepat proses. Tapi, dalam kehidupan ini, ada proses-proses kehidupan yang tidak bisa di”finish now” dengan uang. Misalnya, kelahiran bayi. Sebanyak apapun uangmu, tetap saja kamu harus menunggu 9 bulan. Pernikahan, sebanyak apapun uangmu, tetap saja pria dan wanita harus berproses melalui waktu untuk menemukan kedewasaan cinta. Membesarkan anak, sebanyak apapun uangmu, mengajarkan karakter tetap saja butuh waktu, menunjukkan keteladanan dalam momentum-momentum kehidupan yang spontan dan tak bisa dibeli.

Bahkan bikin mie instan saja tetep butuh proses waktu menunggu dan tak bisa tekan tombol “finish now” (sebanyak apapun uangmu!)

Artinya, ada banyak hal penting yang tak bisa di “finish now” untuk mendapatkannya!

Tapi, budaya dalam game online menyatakan bahwa kesuksesan bisa dibeli dengan uang! (kesuksesan palsu “falses success feeling”lah yang bisa dibeli dengan uang).

Jika kita terkontaminasi dengan budaya instant finish mentality ini, bisa-bisa segala sesuatu dalam hidup kita akan mengambil jalan pintas hanya supaya bisa segera melihat hasilnya.

post18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *