5 Ancaman Mental dari Game OnLine

“GAME BANYAK UNSUR MENDIDIK KOK!”

Saya sering membaca dan mendengar pemaparan bagaimana game bisa dipakai untuk kepentingan edukasi, melatih kemampuan berpikir, melatih perkembangan otak anak, kreativitas, problem solving skill, etc, etc, etc.

Ya, memang benar, hampir segala sesuatu ada sisi positifnya. Tapi yang perlu diingat adalah, jangan sampai hanya karena sesuatu itu ada sisi positifnya, lalu kita lengah dan membiarkan game menguasai hidup kita.

Alkohol juga ada sisi positifnya. Morfin juga ada sisi positifnya. Bahkan rokok sekalipun juga ada sisi positifnya. Masalahnya, bagaimana dengan ancaman-ancaman sisi negatifnya? Lalu bagaimana kalau ternyata efek negatifnya sudah terlanjur merusak lebih banyak ketimbang manfaat positifnya?

Disinilah kita perlu berhati-hati.

 

APAKAH SAYA MELARANG ORANG BERMAIN GAME ONLINE?

Tentu saja tidak! Karena saya sendiri sampai detik ini masih main game juga. Tetapi, pemahaman saya ini membebaskan saya. Tadinya saya termasuk korban orang yang tak bisa mengontrol waktu, terikat oleh aturan-aturan game, berusaha mengejar level-level yang tiada habisnya hanya demi perasaan sukses palsu yang sesaat.

Sekarang? Saya bermain dengan bebas. Saya bisa berhenti kapan saya mau berhenti. Saya merasa santai meski level saya cupu. Saya tidak merasa “wah” kalau level saya tinggi. Intinya, saya tidak lagi dikontrol oleh game karena saya itu itu bukan kehidupan saya. Mungkin akan berbeda kalau profesi saya adalah game developer atau game programmer. Tapi saya bukan berprofesi di dunia game, jadi saya tidak lagi “jump in” dan mengkoneksikan hidup pribadi saya ke dalam dunia game.

 

Well,

Semoga opini pribadi saya ini bisa bermanfaat buat semua yang membaca 🙂

@josuawahyudi

3 thoughts on “Sebuah Pertanyaan?

  1. Sangat bagus pembahasan dari artikel ini, menelaah hal-hal yang cenderung diabaikan dan membuat gamer secara tak sadar berperilaku hal-hal yang berujung destruksi terhadap hidupnya di dunia nyata. Terus sharing hal yang bermanfaat ya kak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *