[Movievational] Incarnation of Money

Namun jangan kawatir, bumbu-bumbu komedi khas Korea ditempatkan di sana-sini oleh sang sutradara untuk membuat Anda tidak terus-terusan tegang saat menonton dan mendapat “jeda” alur cerita yang cukup.

Bagi Anda yang mengharapkan drama cinta-cintaan, dalam film ini justru romantisme menjadi side story dan bumbu pelengkap saja, namun sang sutradara mampu menyisipkannya dengan halus ke dalam bagian cerita utama sehingga semua kompleksitas cerita tampak menyatu dan bisa dinikmati.

post6

Pesan utama dari film seri ini berputar di sekitar tema keserakahan, dendam, dan uang. Yang menarik karena pesan dalam film ini sangat menguatkan kebenaran bahwa “Keinginan menjadi kaya membawa kita jatuh ke dalam berbagai pencobaan” dan juga kebenaran “cinta akan uang adalah akar segala kejahatan”.

Film ini mempertontonkan bagaimana uang bisa mempermainkan keadilan, menghancurkan hidup orang lain, dan bahkan juga orang yang menyangka dirinya menguasai uang, justru tanpa sadar sudah diperalat oleh uang itu sendiri dan dihancurkan hidupnya.

Yang menarik, film ini mengkombinasikan antara keserahakan akan uang dan dendam. Keduanya adalah kombinasi yang sangat mengerikan. Betapa banyaknya orang di dunia ini juga hidup dalam sakit hati dan dendam lalu berusaha mengumpulkan uang sebanyak mungkin untuk mengobati dan membalas sakit hatinya. Itulah yang membuat dunia semakin rusak hari-hari ini.

Setidaknya film ini mencoba berkata kepada kita, bahwa bagi para pecinta uang dan pendendam, hidup mereka tidak pernah berakhir dengan kebahagiaan dan selalu berakhir dengan penderitaan tragis di ujung nafas. Sementara, bagi mereka yang bisa melepaskan diri dari kecintaan akan uang dan mampu melepaskan pengampunan, mereka bisa melanjutkan hidup dan mendapatkan kebahagiaan.

Sebagai rekomendasi dari orang yang selektif menonton film Korea seperti saya, saya pikir yang satu ini bolehlah Anda tonton untuk mengisi waktu luang Anda.

 

@josuawahyudi
21 October 2013   |   15:49

One thought on “[Movievational] Incarnation of Money

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *