[Movievational] Man of Steel


Setelah 6 bulan tayang, saya baru punya kesempatan untuk menyaksikan film layar lebar Superman terbaru ini. Beberapa komentar yang menyatakan bahwa film ini “kurang bagus” memang akhirnya mengurungkan niat saya untuk nonton di bioskop.

Namun, setelah saya menyaksikan film ini, harus diakui Christopher Nolan adalah seorang sutradara jempolan. Mungkin secara “kemeriahan” dan kemegahan efeknya, film ini kurang seru kalau ditonton di bioskop karena cukup banyak adegan dialog dan drama panjang yang menceritakan kisah asal muasal sang manusia super yang legendaris ini.

Tetapi jika kita menilik dari sudut pandang kandungan nilai dan pesan yang disampaikan kepada kita, maka harus diakui film ini termasuk salah satu film dengan muatan pesan yang dalam dan mengesankan. Nolan benar-benar mengubah sosok super hero menjadi sangat manusiawi dan meluncurkan pesan-pesan kemanusiaan yang kuat baik sebagai edukasi, maupun sebagai “sindiran” untuk budaya masyarakat kita.

Apa yang Nolan lakukan dengan trilogi Batman ia ulangi juga di sekuel Superman ini. Kedalaman cerita dan filosofi kehidupan yang kuat menjadi pondasi pembentukan alur kisah dalam film.

pos14

Nah, melalui tulisan ini, ijinkan saya membagikan 3 pesan kuat yang saya tangkap dari film Man of Steel ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *