[Movievational] Man of Steel

1. HAK UNTUK MEMILIH

Nolan jelas sekali menekankan bahwa kekuatan seorang manusia adalah kekuatannya untuk memilih. Kita tidak dilahirkan dengan takdir untuk gagal atau berhasil. Kita semua dilahirkan dalam keadaan “netral”. Yang menentukan kita akan menjadi baik atau buruk, sukses atau gagal adalah pilihan-pilihan hidup kita.

Superman diberikan hak untuk memilih masa depannya ingin menjadi seperti apa. Di planet asalnya, semua penduduk sudah ditetapkan sejak awal dan tak punya pilihan untuk mendesain masa depannya. Namun Superman dikirim ke bumi agar ia bisa memilih sendiri “destiny” hidupnya.

Lihatlah, semua makhluk di dunia ini tak punya pilihan selain menjadi seperti mereka hari ini. Bahkan, malaikat juga tak bisa memilih. Namun, kita manusia berhak memilih. Itu sebabnya kita menjumpai banyak sekali manusia yang berbeda dan bervariasi karena mereka bebas terhadap banyak sekali pilihan hidup.

Pilihanmulah yang membentuk hidupmu. Ketika kita memilih dengan benar, kita akan menjadi orang yang benar.

2. FIGUR BAPA TAK BISA DIGANTIKAN

Sejak film pertama Superman, Nolan menyampaikan pesan tentang “bapak” ini dengan kuat. Di sekuel keduanya, pesan ini semakin nyata dan diperjelas. Baik ayah di “surga” krypton, maupun ayah di “bumi”, keduanya menunjukkan fungsi ke’bapa’an mereka terhadap Kal-El / Clark Kent / Superman. Jelas sekali, berkat fungsionalitas bapak yang benar, Superman akhirnya bisa MEMILIH jalan yang benar dan berdampak bagi dunia keseluruhan.

Saya pernah menulis di akun twitter saya @josuawahyudi, bahwa pengalaman saya bertemu dengan ratusan hingga ribuan orang yang memiliki perilaku destruktif. Baik di kantor, maupun di gereja / dunia pelayanan, rata-rata 80% lebih diakibatkan disfungsi peran orang tua, terutama ayah. Saya menuliskan “orang tua yang disfungsi menghasilkan pribadi yang cacat attitude”.

Peran seorang bapak untuk menjadi model, otoritas, teladan, dan kekuatan bagi seorang anak akan sangat mempengaruhi pilihan-pilihan hidupnya kelak. Dan pilihan hidup itulah yang menentukan masa depan si anak. Secara tak langsung, seorang figur bapak berperan penting dalam menentukan masa depan anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *