Ngapain Ada Pelayanan Musik di Gereja?

Pelayanan musik dalam gereja, atau yang lebih familiar disebut dengan pelayanan “Praise & Worship” (P&W), adalah sebuah pelayanan yang unik. Terlepas dari apa denominasi gerejanya, tidak bisa disangkali bahwa musik, lagu, dan nyanyian adalah bagian penting dalam kekristenan.

Hari ini, pelayanan musik dalam gereja telah berkembang beriringan dengan perkembangan musik itu sendiri. Perdebatan muncul disana-sini lantaran banyak yang menganggap musik “modern” tidak seharusnya dibawa ke dalam gereja. Namun, di satu sisi, banyak pula yang berargumentasi bahwa musik bagaikan bahasa, dengan adanya perbedaan generasi, maka tentu ada perbedaan dalam “berbahasa”.

Terlepas dari pro kontra ini, sebenarnya tujuan saya menulis artikel ini justru bukan membahas topik itu. Saya malah ingin lebih menekankan kepada bagaimana budaya dan “gaya” bermusik “modern” yang banyak kali telah mereduksi atau bahkan membelokkan tujuan kenapa pelayanan musik ada di dalam gereja.

po1

Selama 20 tahun, sejak tahun 1994 saya sudah terlibat dalam pelayanan musik. Selama tahun-tahun ini saya banyak mengamati, mengalami, dan berproses di dalam pelayanan ini. Dan perjalanan itu telah memunculkan sebuah keyakinan kuat, bahwa Tuhan memang menggunakan musik sebagai salah satu alat yang berkuasa dalam Dia berbicara maupun menjamah umatNya. (hal ini sering saya sampaikan di seminar-seminar untuk pemusik gereja baik melalui alasan-alasan “supranatural” maupun alasan-alasan ilmiah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *