Passion in Profession

3. Sutrisno

Saya yakin Anda bingung siapakah dia. Nama Sutrisno mungkin banyak sekali yang menyamai, tapi pria yang berprofesi sebagai “polisi cepek” ini bukan sembarang orang. Dia mungkin satu-satunya polisi cepek di Indonesia yang pernah masuk televisi, diliput berbagai acara termasuk “Bukan Empat Mata” dan berita mengenai dirinya muncul di berbagai surat kabar.

Apa yang membuat Sutrisno begitu populer? Ternyata polisi cepek dari Surabaya ini setiap kali “bertugas” selalu menggunakan kostum yang berbeda-beda. Dan kostum yang ia kenakan bukanlah sembarang kostum karena cukup banyak kostum yang ia pakai tergolong “ribet” dan sulit dibuat.

post12

Hebatnya, dalam wawancara di televisi, Sutrisno mengaku memiliki 4000 kostum berbeda yang semuanya dia buat dengan tangannya sendiri dan dari bahan-bahan bekas. Tidaklah heran jika penghasilan Sutrisno sebagai polisi cepek bisa mencapai angka lebih dari 150 ribu setiap hari!

 

Menilik dari 3 kasus di atas, ada pelajaran menarik yang bisa kita pahami, yaitu bukan apa profesi yang membuat kita sukses, melainkan bagaimana kita menjalankan profesi itu. Kita seringkali mencari-cari profesi apa yang bisa membuat kita sukses, namun melupakan unsur passion dan kesungguhan hati dalam bekerja.

Benarlah pernyataan yang berbunyi “lakukanlah pekerjaan kecil dengan hati yang besar, maka engkau akan menuai hasil yang besar”. Akan percuma kita mencoba mengejar pekerjaan-pekerjaan besar tapi melakukannya dengan semangat dan hati yang kecil

 

Josua Iwan Wahyudi
@josuawahyudi

3 thoughts on “Sebuah Pertanyaan?

  1. Sangat bagus pembahasan dari artikel ini, menelaah hal-hal yang cenderung diabaikan dan membuat gamer secara tak sadar berperilaku hal-hal yang berujung destruksi terhadap hidupnya di dunia nyata. Terus sharing hal yang bermanfaat ya kak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *