Resolusi 100% GAGAL!

Tahun baru adalah waktunya membuat resolusi! Tentu saja, bagi sebagian orang, ini momen yang menggairahkan karena seolah-olah, tahun baru memberikan efek magis untuk membangkitkan harapan baru bahwa akan terjadi perubahan dalam hidup kita. Pastinya perubahan yang bagus.

Maka, menuliskan resolusi membuat harapan perubahan itu menggelora dalam hati kita. Itu sebabnya rata-rata orang yang sedang membuat atau menuliskan resolusi tahun baru, melakukannya dengan antusias.

Tapi maaf, fakta di lapangan menunjukkan bahwa 80% resolusi yang dibuat di awal tahun tidak menjadi kenyataan alias gagal.

Ingin turun berat badan? (atau dalam kasus saya, ingin naik berat badan), ingin naik jabatan (atau pindah “kuadran”)? Ingin dapat jodoh (atau ganti jodoh?!!!)? Ingin naik gaji? Pindah rumah? Beli mobil? Atau hanya sekedar ingin jadi lebih baik? Apapun resolusi Anda, semua itu hanyalah sebuah angan-angan dan keinginan. Keinginan tidak selalu menjadi kenyataan, malah, keinginan biasanya jarang yang jadi kenyataan. KECUALI, Anda memang berniat menjadikannya nyata.

Selama bertahun-tahun mendalami soal Human Performance, saya menemukan beberapa factor yang membuat sebuah resolusi akan berakhir dengan 100% kegagalan! Artinya, ketika resolusi itu dibuat dan bahkan belum sempat “diusahakan” kita sudah bisa memprediksi secara akurat bahwa resolusi itu takkan menjadi nyata.

Apa indikatornya?

Dari beberapa indicator yang ada, saya ingin berbagi kepada Anda 3 indikator. Namun karena cukup panjang, saya akan membaginya menjadi 2 artikel. Di seri pertama ini, saya akan membahas indicator pertama dan di seri kedua, saya akan membahas indicator kedua dan ketiga.

Ok, lets start now!

3 thoughts on “Sebuah Pertanyaan?

  1. Sangat bagus pembahasan dari artikel ini, menelaah hal-hal yang cenderung diabaikan dan membuat gamer secara tak sadar berperilaku hal-hal yang berujung destruksi terhadap hidupnya di dunia nyata. Terus sharing hal yang bermanfaat ya kak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *