Saat Jatuh Cinta Bukanlah Benar-benar Cinta!

avatar150Banyak orang (nyaris semua) percaya bahwa perasaan jatuh cinta adalah tanda munculnya cinta. Banyak orang menjadikan jatuh cinta sebagai sebuah indikator ke’jodoh’an. Banyak pula yang memakai perasaan jatuh cinta sebagai “meter”an apakah seseorang masih mencintainya atau tidak.

Kesalahpahaman inilah yang di kemudian hari memunculkan banyak sekali permasalahan dalam hubungan pria dan wanita. Karena setelah saya bertahun-tahun mendalami mengenai Kecerdasan Emosi (EQ), dan cukup getol mempelajari mengenai emosi manusia serta pikiran bawah sadar manusia, saya menemukan fakta bahwa jatuh cinta itu BERBEDA dengan cinta. Jatuh cinta hanya mewakili bagian kecil (sangat kecil) dari apa yang disebut cinta!

 

post23

Inilah beberapa hal yang perlu kita tahu bersama:

1. JATUH CINTA ADALAH SURVIVAL MECHANISM

Salah satu insting otomatis manusia adalah berkembang biak dan melestarikan speciesnya. Perintah “beranak cuculah dan semakin bertambahlah” sudah ter’imprint di dalam “default mode” manusia. Maka, secara alamiah, manusia cenderung ingin berketurunan. Dalam rangka itulah harus terjalin hubungan antara pria dan wanita, yaitu kedua pihak yang dibutuhkan untuk merealisasikan proses berketurunan.

Nah, perasaan jatuh cinta adalah mekanisme otomatis yang muncul ketika kita bertemu dengan seseorang yang berpotensi untuk diajak “berketurunan”. Itu sebabnya kenapa pria mudah jatuh cinta dengan wanita yang berwajah cantik, bertubuh aduhai, dan menunjukkan sikap-sikap “kewanitaan” yang kuat? Karena wanita dengan profil seperti itu akan melahirkan keturunan yang terbaik dan seperti punya kemampuan untuk merawat keturunannya.

Kenapa wanita cenderung jatuh cinta dengan pria tampan (atau MAPAN)? Karena profil pria seperti itu berpotensi memberikan benih keturunan yang sempurna atau memiliki kemampuan “menghidupi” keturunannya.

Lalu, insting alamiah kedua manusia adalah bertahan hidup dengan cara TIDAK SENDIRIAN, yaitu membangun sebuah kumpulan yang bisa dipercaya dan saling menopang. Dan keluarga adalah sebuah komunitas paling ideal untuk bertahan hidup bersama orang-orang yang bisa dipercaya. Dan sekali lagi jatuh cinta adalah sebuah mekanisme untuk saling mengikat diri agar bersama-sama membangun komunitas “ideal” untuk bertahan hidup.

Itu sebabnya juga kenapa kita cenderung jatuh cinta saat bertemu dengan orang yang sepertinya “pas” dan cocok untuk bersama-sama dengan kita, apalagi kalau bisa “nyambung” dan kompak dalam melakukan sesuatu secara bersama.

Maka, di penjelasan pertama ini, kita sekarang tahu mengapa kita bisa jatuh cinta pada beberapa orang secara sekaligus, atau bisa jatuh cinta kepada berbeda-beda orang selama sepanjang hidup. Kalau jatuh cinta adalah tanda bahwa kita berjodoh dengannya, bukankah kita akan jadi bingung ketika kita jatuh cinta dengan 3 orang? Masa ketiganya jodoh kita?

Bukan, itu hanyalah sebuah tanda kita menemukan orang yang berpeluang diajak berketurunan bersama dan berpeluang untuk membangun komunitas yang bisa dipercaya untuk bertahan hidup. Kata “berpeluang” artinya belum tentu orang itu benar-benar tepat, hanya baru “keliatan tepat” aja.

 

post24

2 thoughts on “Saat Jatuh Cinta Bukanlah Benar-benar Cinta!

    • kalau pertanyaannya, apakah perasaan yang dirasakan? ya banyak sekali: ada senang, haru, bersemangat, was-was dan memang itulah yang dirasakan orang yang sedang jatuh cinta.
      tapi kalau pertanyaannya, apakah alasan yang membuat saya menikahi istri saya, jawabannya adalah cinta.

      apakah jatuh cinta dan cinta adalah berbeda? ya jelas berbeda. karena semua perasaan yang dialami seseorang ketika ia jatuh cinta, nyaris tak pernah terjadi lagi ketika sudah menikah lama. Tapi ketika semua “sensasi” jatuh cinta itu berakhir, apakah itu artinya kita berhenti mencintai? tentu tidak, karena cinta itu lebih dari sekedar semua perasaan jatuh cinta.

      karena itu adalah sebuah kesalahan untuk menjadikan jatuh cinta menjadi andalan untuk mempertahankan relationship.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *