SUPERCELL: Agen Penyesat Utusan Iblis?

Supercell. Nama besar dalam dunia online game yang muncul mendominasi pasar dalam 4 tahun terakhir.

Game fenomenal yang mengantarkan Supercell meraup omzet lebih dari 5 triliun rupiah per tahun adalah Clash of Clan (COC) dan Hayday. Puluhan juta pemain dari seluruh dunia menjadi pemain setia dari kedua game tersebut. Bahkan, begitu “lihainya” Supercell, mereka mampu mengembangkan game yang bisa “mengikat” pemainnya untuk menghabiskan waktu berjam-jam memainkan jarinya di depan layar sekaligus menggelontorkan uang jutaan rupiah demi mengupgrade level.

Tidak heran, banyak orang tua (apalagi orang tua kristen) yang gelisah dan resah. Muncul praduga bahwa COC adalah bentuk baru dari media iblis untuk mengikat dan menghancurkan anak-anak muda modern. Memang, kenyataan bahwa banyaknya anak muda (dan “anak tua” – yaitu orang-orang dewasa yang suka memainkan game ini), yang “terikat”, mencandu, dan bahkan terobsesi dengan game ini.

Malahan, saya sendiri sudah berjumpa dan kenal cukup banyak orang dewasa yang begitu serius mengelola akun COC mereka, seserius mengelola bisnis mereka. Mereka bisa menjadi emosional, begitu attached, dan begitu fokus dalam mengembangkan “desa” COC mereka maupun clan mereka.


 

APAKAH IBLIS MENDALANGI SEMUA INI?

Masih ingat dengan tuduhan yang gencar diarahkan kepada Pokemon, Telletubies, Hello Kitty, Dragon Ball, hingga Harry Potter, Naruto, dan juga bahkan Doraemon?! Memang, sebagian orang kristen mudah sekali menjadi paranoia ketika ada sebuah tren yang menguasai market anak-anak atau anak muda. Mereka berpikir, bagaimana mungkin sosok bentuk aneh seperti Pokemon, bisa menarik perhatian puluhan juta orang? Pastilah ada kuasa-kuasa gelap yang “menyihir” para generasi muda ini.

Well, reaksi yang sama mulai muncul untuk COC. Kegelisahan orang tua semakin menjadi-jadi ketika beberapa waktu lalu (sudah agak lama sebenarnya), di internet mulai bermunculan kabar bahwa di dalam lahan desa COC, termuat icon wajah Baphomet, yaitu kepala Kambing yang sering dijadikan simbol para pengikut Satan.

Segera setelah berita itu muncul, saya langsung memeriksa sendiri kebenarannya pada “desa saya” (yup, saya sempat main COC 3 tahun).

Ternyata memang benar. Simbol kepala Kambing itu memang ada. Sayang sekali, capture screen yang saya lakukan waktu itu sudah hilang filenya terselip diantara ratusan ribu image lainnya. Karena itu saya terpaksa googling untuk mencari gambarnya. Here we go…

COC2

Sebenarnya ada 2 versi simbol. Yaitu simbol sebelum update terakhir yang dilakukan Supercell sekitar awal 2016 dan simbol lain yang berubah setelah update tersebut. Keduanya berada di lokasi yang sama, yaitu di pojok kanan atas lahan. Sayangnya, terakhir kali ketika saya ingin mengunggah tulisan ini, simbol tersebut sudah tidak ditemukan lagi, alias sudah dihilangkan oleh Supercell.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *